hdwallpaperhub.net salah satu blog yang memberikan beberapa pengetahuan informasi berupa kesehatan, masakan, tips dan masi banyak lainnya.

Jumat, 19 Juli 2019

5 Persiapan Dokumen Penting untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Untuk menempuh perjalanan ke luar negeri, pastikan persiapan dokumen sudah lengkap dan sudah bisa dibawa dengan aman tanpa tercecer saat penerbangan.

Perjalanan ke luar negeri memang lebih rumit ketimbang perjalanan domestik. Tidak heran, namanya berkunjung ke negara lain, harus jelas tujuannya. Masalahnya, kamu bisa saja terkena permasalahan serius kalau tidak memenuhi persyaratan untuk berkunjung ke negara lain. Niatnya mau liburan, malah jadi terhambat karena menyepelekan urusan dokumen.

Ya, urusan dokumen administratif mulai dari identitas pribadi sampai izin penerbangan jika pergi liburan dengan anak-anak harus disiapkan dengan baik. Beberapa negara menerapkan standar yang cukup ketat saat kamu melakukan perjalanan bersama anak-anak. Oleh karena itu, beberapa persiapan dokumen administratif ini akan sangat membantu kelancaran penerbanganmu.

5 Persiapan Dokumen Penting untuk Perjalanan ke Luar Negeri

1. Salinan fisik boarding pass
Bagi kamu yang sering bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan boarding pass. Sebagian besar maskapai sudah menyediakan layanan online check-in untuk berbagai penerbangan domestik maupun internasional. Kalau kamu sudah beli tiket cathay pacific untuk liburan, sudah check-in online, tetap pastikan bawa salinan boarding pass dari rumah ya.

Bukankah bisa mencetak boarding pass sendiri di bandara? Ya, self-print boarding pass memang bisa dilakukan setelah tiba di bandara, tapi tetap ada kemungkinan antre. Nah, kalau kamu sudah punya salinan fisik boarding pass, tidak perlu khawatir saat HP kamu mati dan tidak bisa melihat bukti pemesanan tiket untuk cetak boarding pass, bisa langsung ke boarding gate.

2. Paspor aktif
Dokumen satu ini sih, wajib dibawa saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Sebagai pendukung kartu pengenal, paspor dibutuhkan sebagai syarat utama saat melakukan perjalanan lintas negara. Tidak hanya membawa paspor, kamu juga harus memastikan tanggal berlakunya masih lebih dari enam bulan.

Beberapa negara menerapkan batas minimum untuk masa aktif paspor saat kamu mengunjungi negara tersebut. Nah, kalau kamu tidak mau terkena masalah karena masa aktif paspormu terlalu pendek, lebih baik segera persiapkan paspor untuk diperpanjang terlebih dahulu sebelum merencanakan perjalanan atau memesan tiket pesawat. Tidak mau diusir saat sudah tiba di imigrasi bandara ‘kan?

3. Visa perjalanan
Sebagai warga negara Indonesia, kamu bisa mengunjungi beberapa negara yang bebas visa saat kamu datang berkunjung. Namun, terkadang ‘bebas visa’ sendiri punya ketentuan khususnya masing-masing sesuai dengan negara yang akan dikunjungi. Oleh karena itu, kamu bisa mengetahui terlebih dahulu seperti apa kebijakan yang diterapkan di negara tujuan. Nah, kalau kamu memerlukan visa perjalanan untuk berkunjung ke negara tujuan, pastikan waktu mengurusnya juga cukup. Jangan terlalu mepet dengan waktu keberangkatan, kalau pengajuan visa kamu ditolak, tiket pesawatmu bisa terbuang begitu saja.

4. Salinan asuransi perjalanan
Perlindungan selama perjalanan liburan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Meski hanya berlibur untuk waktu yang singkat, kamu memerlukan asuransi perjalanan agar tidak kesulitan saat harus melakukan pemeriksaan medis, pencurian, atau sekadar delay penerbangan. Terlihat seperti hal yang sepele, tapi kamu baru akan menyesal jika terjadi hal yang tidak diinginkan setelah melakukan penerbangan.

5. Child travel consent
Untuk negara yang memiliki kebijakan cukup ketat seperti Amerika Serikat, membawa anak-anak di bawah 18 tahun memerlukan dokumen pendukung jika orang tuanya tidak ikut. Orang tua yang dimaksud dalam hal ini adalah ayah dan ibu. Jadi, jika anak pergi dengan salah satu orang tua saja, misalnya dengan ibu, diperlukan dokumen yang menyatakan bahwa ayahnya memberikan izin bagi ibu untuk membawa anak pergi.

Seperti yang sudah disebutkan, setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda untuk kunjungan wisatawan mancanegara. Jadi, pastikan sudah mengecek kelengkapan dokumen sebelum berangkat ya.

Popular Posts

Copyright © hdwallpaperhub.net | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com